Senin, 16 Juli 2018

Cara Penyusunan Pelaporan BOS Tahap 3

Buku Kas Umum
Di dalam Buku Kas Umum (BKU) terdapat beberapa tombol dan pilihan, berikut penjelasannya :
a. Periode : nilai awal periode adalah nilai dari pengguna ketika login pilih periode (pengguna dapat menggantinya dengan periode transaksi pembukuan yang diinginkannya)
b. Tombol Refresh : tombol ini berfungsi menampilkan data transaksi berdasarkan periode yang dipilih pengguna sebelumnya.
c. Tanggal Pengesahan : tanggal yang berfungsi sebagai tanggal cetak laporan BKU
d. Tombol Cetak BKU : menampilkan laporan BKU
e. Saldo Awal (Maret ) : merupakan saldo awal bulan buku. Ini didapat ketika pengguna melakukan penutupan kas pada periode sebelumnya (Februari)
f. Saldo Akhir (Maret) : merupakan saldo awal dikalkulasi dengan debit dan kredit transaksi pada bulan terpilih (Maret), sehingga nilai ini harus sama dengan di penutupan kas periode Maret.

Buku Pembantu 
a. Buku Pembantu Kas
adalah buku pembantu yang bersumber dari Buku Kas Umum (BKU) namun hanya transaksi yang berhubungan dengan kas saja.
a. Periode : nilai awal periode adalah nilai dari pengguna ketika login pilih periode (pengguna dapat menggantinya dengan periode transaksi pembukuan yang diinginkannya)
b. Tombol Refresh : tombol ini berfungsi menampilkan data transaksi berdasrkan periode yang dipilih pengguna sebelumnya.
c. Tanggal Pengesahana : tanggal yang berfungsi sebagai tanggal cetak laporan BPK
d. Tombol Cetak BPK : menampilkan laporan Buku Pembantu Kas
e. Tombol Cetak Kuitansi Terpilih : Mencetak semua kuitansi yang terpilih (pilihan centang pada grid dibawahnya) langsung ke printer yang terhubug tanpa printpreview
f. Kolom Print : Mencetak kuitansi satu persatu, sesuai dengan kuitansi yang dipilih pengguna
g. Saldo Awal (Maret) : merupakan saldo awal bulan buku. Ini didapat ketika pengguna melakukan penutupan kas pada periode sebelumnya (Februari)
h. Saldo Akhir (Maret) : merupakan saldo awal dikalkulasi dengan debit dan kredit transaksi pada bulan terpilih (Maret), sehingga nilai ini harus sama dengan di penutupan kas periode Maret.
b. Buku Pembantu Bank
a. Periode : nilai awal periode adalah nilai dari pengguna ketika login pilih periode (pengguna dapat menggantinya dengan periode transaksi pembukuan yang diinginkannya)
b. Tombol Refresh : tombol ini berfungsi menampilkan data transaksi berdasrkan periode yang dipilih pengguna sebelumnya
c. Tanggal Pengesahan : tanggal yang berfungsi sebagai tanggal cetak laporan BPB
d. Tombol Cetak BPB : menampilkan laporan Buku Pembantu Cek
e. Saldo Awal (Maret) : merupakan saldo awal bulan buku. Ini didapat ketika pengguna melakukan penutupan kas pada periode sebelumnya (Februari)
f. Saldo Akhir (Maret) : merupakan saldo awal dikalkulasi dengan debit dan kredit transaksi pada bulan terpilih (Maret), sehingga nilai ini harus sama dengan di penutupan kas periode Maret.
c. Buku Pembantu Pajak
a. Periode : nilai awal periode adalah nilai dari pengguna ketika login pilih periode (pengguna dapat menggantinya dengan periode transaksi pembukuan yang diinginkannya)
b. Tombol Refresh : tombol ini berfungsi menampilkan data transaksi berdasrkan periode yang dipilih pengguna sebelumnya 
c. Tanggal Pengesahan : tanggal yang berfungsi sebagai tanggal cetak laporan BPP
d. Tombol Cetak BPP : menampilkan laporan Buku Pembantu Pajak
e. Saldo Awal (Maret) : merupakan saldo awal bulan buku. Ini didapat ketika pengguna melakukan penutupan kas pada periode sebelumnya (Februari)
f. Saldo Akhir (Maret) : merupakan saldo awal dikalkulasi dengan debit dan kredit transaksi pada bulan terpilih (Maret), nilai ini tidak terdeteksi di penutupan kas

d. Rincian Objek Belanja (ROB)
Berikut daftar pilihan dan tombol pada menu rincian objek belanja (ROB) :
a. Periode : nilai awal periode adalah nilai dari pengguna ketika login pilih periode (pengguna dapat menggantinya dengan periode transaksi pembukuan yang diinginkannya)
b. Tombol Cari Kode Rekening : klik menu ini maka sistem akan menampilkan menu Pilih  Rekening Objek Belanja. Berikut penjelasan dari menu tersebut :
b.1 Tanggal Pengesahan : Tanggal yang ditampilkan pada cetak laporan ROB
b.2 Tombol Cetak ROB : Sistem akan mencetak semua ROB yang dipilih pengguna ke printer yang sudah terhubung ke perangkat (laptop/PC) tanpa menampilkan printview
b.3 Kolom Pilih : digunakan untuk memilih ROB yang akan dicetak tanpa print preview
b.4 Double Click pada ROB (Warna Kuning) maka menu Pilih ROB akan ditutup dan nilai ROB yang didouble click akan dibawa ke menu sebelumnya
c. Tanggal Pengesahan : tanggal yang ditampilkan pada cetak laporan ROB
d. Tombol Cetak ROB : sistem akan mencetak laporan ROB dengan menampilkan printpreview terlebih dulu tidak langsung diprint ke printer. Dan ini hanya satu ROB saja.

Berita Terkait Aplikasi Simpel BOS Ruwindo : Cara Penyusunan Pelaporan BOS Tahap 2

Load disqus comments

0 komentar