Rabu, 11 Juli 2018

Teknologi Pendidikan

Teknologi Pendidikan
Berdasarkan Wikipedia, Teknologi Pendidikan adalah studi dan etika praktik untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja melalui penciptaan, penggunaan, dan pengaturan proses dan sumber daya teknologi. Teknologi Pendidikan merupakan perpaduan dari unsur manusia, mesin, ide, prosedur, dan pengelolaannya.
Manfaat Penerapan Teknologi bagi Pendidikan
a. Meningkatkan pengalaman belajar siswa. Salah satu contoh nyata adalah penggunaan komputer untuk menampilkan presentasi dalam bentuk gambar dan video. Sehingga proses belajar mengajar tidak hanya sebatas menggunakan buku.
b. Para pengajar mangaku bahwa tugas mereka sebagai pengajar menjadi lebih mudah. Teknologi dapat mempermudah para pengajar mengelola tugas-tugas mereka, seperti jadwal mengajar dan juga penggunaan buku-buku elektronik (e-book).
c. Komunikasi dengan siswa menjadi lebih baik. Hal ini cukup menarik, apabila ada pengajar yang telah memanfaatkan aplikasi chatting untuk berkomunikasi dengan siswa mereka.


Keuntungan Peserta Didik Didik dari Pemanfaatan Teknologi di Sekolah
  1. Peserta didik akan dapat mengakses informasi-informasi yang dibutuhkan meskipun itu adalah hasil penelitian orang lain (legalitas copypaste).
  2. Peserta didik akan mendapat mengakses sumber pengetahuan lebih mudah dibanding sebelum penerapan manfaat teknologi, karena pengaksesan informasi telah banyak dipergunakan dengan media gadget (Handphones, Ipad, Mobile Tab).
  3. Peserta didik dapat mendapatkan Akses yang lebih mudah ke para ahli.
  4. Materi-materi pelajaran akan lebih tampil secara interaktif dan menarik, serta penyampaiannya akan lebih konseptual.
  5. Materi-materi pendidikan dapat di akses melalui belajar jarak jauh jika terkendali oleh kendala biaya dan waktu.
Dari tulisan di atas, dapat disimpulkan bahwa teknologi pendidikan mempunyai peran yang penting dalam kemajuan dunia pendidikan. Teknologi pendidikan berperan sebagai alat bantu (tools) bagi proses pembelajaran agar efektif dan efisien.

Sumber : http://artikelterkait.com/manfaat-teknologi-dalam-dunia-pendidikan.html

Berita Terkait Teknologi Pendidikan : Kelebihan dan Kekurangan UNBK
Load disqus comments

0 komentar