Senin, 16 Juli 2018

Cara Penyusunan Pelaporan BOS Tahap 2

Penerimaan
Pada kesempatan kali ini kita akan belajar menggunakan aplikasi Pelaporan Sekolah SIMPEL BOS dari RUWINDO pada menu penerimaan, terdapat beberapa tombol dan inputan sebagai berikut :
>Periode = otomatis dari periode awal saat login.
>Jenis Penerimaan = memiliki 3 jenis penerimaan yaitu Bank, Kas, dan Pajak.
>Tgl Penerimaan = otomatis menampilkan tanggal awal dan tanggal akhir dalam periode yang ditampilkan .
>Tombol Tampilkan = untuk menampilkan data penerimaan.
>Kolom Edit = digunakan untuk mengedit data penerimaan.
>Kolom Hapus = digunakan untuk menghapus data penerimaan Bank.
>Tombol Penerimaan Bank = untuk menampilkan menu Penerimaan Bank.
>Tombol Penerimaan Kas = untuk menampilkan menu Pengeluaran Bank.
>Tombol Penerimaan Pajak = untuk menampilkan menu Penerimaan Pajak.
1. Penerimaan Bank

a. Pada menu Penerimaan, Tekan tombol Penerimaan Bank setelah itu pengguna akan dihadapkan pada tampilan Transaksi Penerimaan Bank.
b. Didalam menu Transaksi Penerimaan Kas, Pastikan Pengguna untuk mengisi dan memilih beberapa inputan dengan benar :
>Tanggal
>Jenis Penerimaan (Dana BOS, Dana BOS+Temuan atau Bunga Pajak)
>Uraian (Hindari penggunaan simbol-simbol berikut(';&")
>Nominal (berupa digit angka)
>Klik tombol simpan
Catatan :( optional) Dana BOS + Temuan adalah Dana BOS yang bersumber dari temuan pengawas yang harus dikembalikan oleh bendahara ke Sekolah.
2. Penerimaan Pajak
a. Pada menu Penerimaan, klik tombol Penerimaan Pajak maka pengguna akan dihadapkan pada tampilan Transaksi Penerimaan Pajak.
b. Di dalam menu Transaksi Penerimaan Pajak. Pastikan pengguna untuk mengisis dan memilih beberapa inputan dengan benar, seperti
> Tanggal
>Jenis Pajak (Ppn, Pph21, Pph22, Pph23, Pajak Daerah)
>Uraian (Hindari penggunaan simbol-simbol berikut(';&")
>Nominal (berupa digit angka)
>Klik tombol simpan


Pengeluaran
Pada menu Pengeluaran terdapat beberapa tombol dan inputan berikut penjelasannya :
a. Pencairan Data Spesifik : Menampilkan tampilan pencairan berdasarkan program, Rekening Belanja dan atau No Transaksi. Pilih program lalu pilih rekening dan tekan tombol Tampilan (id). maka data transaksi pengeluaran akan ditampilkan dengan mengabaikan periode dan tanggal transaksi
b. Periode : Menampilkan periode yang aktif sesuai dengan login periode pengguna
c. Jenis Pengeluaran : Semua, Bank, Kas, dan Pajak ( pengguna harus memilih satu)
d. Tgl Pengeluaran : Menampilkan tanggal awal dan tanggal akhir dalam periode
e. Tombol Pengeluaran Bank : Menampilkan Menu Pengeluaran Bank
f. Tombol Pengeluaran Kas : Menampilkan Menu Pengeluaran Kas
g. Tombol Pengeluaran Pajak : Menampilkan Menu Pengeluaran Pajak
1. Pengeluaran Bank
Pada menu Pengeluaran, Tekan tombol Pengeluaran Bank maka pengguna akan dihadapkan pada tampilan Transaksi Pengeluaran Bank. Dalam tampilan itu, pengguna akan dihadapkan dengan tampilan yang dijelaskan di bawah ini :
a. Tanggal (1) : Pengguna harus memilih tanggak (ketika pengguna sudah memilih tanggal, maka sistem secara otomatis akan menampilkan saldo Bak yang dapat ditransaksikan dan ditampilkan di atas tampilan tanggal (1a).
b. Jenis Pengeluaran : ada 3 jenis pengeluaran yaitu Penarikan, Transaksi Non Tunai dan Pajak/Adm. Bank
b.1 Transaksi Penarikan Bank adalah transaksi penarikan Dana BOS yang sudah ditransaksikan di menu penerimaan Bank dengan jenis penerimaan Dana BOS
b.2 Transaksi Non Tunai adalah transaksi pengeluaran bank untuk merealisasikan belanja berdasarkan rekening di RKAS (menu tampilan sama dengan pengeluaran Kas (7.2), NAMUN saldo yang digunakan adalah saldo Bank), jika terdapat pajak maka pengguna HARUS melakukan transfer ke rekening pajak yang disarankan oleh dinas pendidikan kab/kota terkait.
b.3 Transaksi Pajak/Adm.Bank adalah transaksi pengeluaran bank dengan dana yang berkurang dari saldo bunga bank.
c. Uraian (Hindari penggunaan simbol-simbol berikut (';&")
d. Isikan nominal sesuai pengeluaran bank
e. Klik tombol simpan
2. Pengeluaran Kas
Pada menu pengeluaran, klik tombol Pengeluaran Kas maka sistem akan menampilkan menu Transaksi Pengeluaran Kas. Didalam menu Transaksi Pengeluaran Kas terdapat beberapa pilihan dan isian yang harus diisi oleh pengguna. Berikut cara pengisian dan penjelasannya :
a. Tanggal : Pengguna harus memperhatikan tanggal transaksi dengan benar, karena Saldo Kas akan otomatis menyesuaikan sisa saldo. Jika belum ada penerimaan Bank, maka saldo kas Rp 0,-, sehingga tidak dapat melakukan transaksi.
b. Program : ini merupakan program yang ada pada RKAS, terdapat 8 standar yang bersifat statis/tetap. Pengguna harus memilih salah satu dari 8 standar tersebut.
c. Kegiatan : ini menampilkan semua kegiatan yang terdapat pada program yang dipilih. Pengguna harus memilih salah satu kegiatan.
d. Rekening : ini menampilkan semua rekening belanja yang terdapat pada kegiatan yang dipilih pengguna sebelumnya. Rekening ini bersifat dinamis/berubah-ubah sesuai dengan kegiatan yang dipilih sebelumnya. Pengguna harus memilih salah satu kode rekening, setelah menentukan kode rekening, maka secara otomatis sistem akan mengkalkulasi/menghitung jumlah anggaran, anggaran terpakai/yang sudah ditransaksikan dan sisa anggaran yang dapat ditransaksikan. Keterangan ini menampilkan pada gambar diatas poin 2c3, 2c4, 2c5.
e. Jenis Belanja : ini akan diset/ditentukan secara otomatis ketika pengguna memilih kode rekeing. Jenis belanja dideteksi oleh sistem pada saat pengguna input RKAS.
f. Komponen : pengguna harus menentukan komponen dalam setiap melakukan realisasi belanja RKAS. Komponen sudah disesuaikan dengan aturan yang terbaru.
g. Kategori Belanja : kategori belanja bersifat dinamis/berubah-ubah. Isinya dibuat ketika pengguna memilih kode rekening dan sesuai Jenis Belanja. Pengguna harus memilih salah satu Jenis Belanja.
h. Uraian : Hindari penggunaan simbol-simbol berikut (';&")
i. Volume : berupa digit angka
j. Biaya Satuan : berupa digit satuan
k. Jumlah : otomatis perkalian dari volume*biaya satuan
l. Tombol Simpan : klik tombol simpan untuk menyimpan transaksi pengeluaran.
Catatan :
-  Pastikan Tanggal transaksi melebihi tanggal transaksi pengeluaran bank (tarik tunai)
- Ketika pengguna mengetikkan volume atau biaya satuan, maka sistem secara otomatis akan menghitug jumlah terhadap sisa anggaran rekening belanja, jika jumlah  melebihi sisa anggaran amaka sistem akan menampilkan pesan.
- Pengguna harus SANGAT MEMPERHATIKAN pemilihan kode rekening, komponen dan kategori belanja. Karena sangat berpengaruh hasil output laporan(semua laporan).
3. Pengeluaran Pajak
Pada Menu Pengeluaran, klik tombol Pengeluaran Pajak, maka sistem akan menampilkan menu Transaksi Pengeluaran Pajak. Berikut fungsi dan penjelasan menu transaksi pengeluaran pajak :
a. Tanggal : merupakan tanggal transaksi, pengguna harus memperhatikan tanggal 
b. Jenis Pajak : terdapat 5 jenis Pajak yaitu Ppn, Pph21, Pph22, Pph23 dan Pajak Daerah. Ketika pengguna memilih salah satu jenis pajak, maka sistem secara otomatis akan menampilkan semua transaksi pajak yang belum terbayar sesuai dengan jenis pajak yang dipilih.
c. Centang pajak yang akan pengguna bayarkan/transaksikan
d. Abaikan uraian
e. Isikan nominal sesuai dengan nominal diatas.
f. Klik tombol Simpan.
Penutupan Kas 
Pada menu utama, klik tombol Penutupan Kas, maka sistem akan menampilkan menu Penutupan Kas, berikut tampilan dan penjelasannya :
a. Tanggal Penutupan Kas : Pengguna harus memilih tanggal penutupan, seharusnya setiap tanggal di akhir bulan
b. Saldo Poin B : merupakan rincian pecahan riil saldo kas tunai
c. Pastikan Jumlah Saldo Bukusama dengan saldo akhir BKU
d. Pastikan nominal perbedaan lebih dari Rp 0,- dan jika kurang dari Rp 1,- maka itu adalah perbedaan.(kemungkinan adalah saldo di Buku Bank/Buku Pajak).
e. Klik tombol Simpan

Berita Terkait  Aplikasi Simpel BOS Ruwindo : Download Aplikasi BOS 2018 sesuai Juknis

Load disqus comments

0 komentar